(SOLD) Seiko Flight Computer | SCJC019 (JDM-NOS) & SNA411 (Good)

(SOLD) Seiko Flight Computer | SCJC019 (JDM-NOS) & SNA411 (Good) --- SOLD! Alhamdulillah... ---

Bismillah Arrohman Arrohim

Seiko awalnya meluncurkan tipe flight computer SNA411 untuk pasar internasional. Banyak para penerbang (cadet & senior pilots) maupun aviation fans (avgeek) yang kepincut dengan model & desain-nya. Gosipnya TNI AU pun sempat menjadikan jam ini sebagai hadiah untuk para penerbangnya.

Kesuksesan SNA411 tercium oleh kolektor jam lokal di Jepang, dan mereka banyak mengimpor balik jam ini dari pasar internasional. Seiko cukup tanggap dengan derasnya permintaan dari Jepang, sehingga mereka menciptakan versi JDM-nya dengan kode SCJC019. 
Tidak ada yg berbeda dari kedua versi, movement-nya sama-sama 7T62 buatan Jepang, hanya saja indikator water resistant di SCJC019 dicantumkan dengan satuan atmosfer (20Bar) instead of 200M.
CMIIW, hal ini disebabkan karena regulasi JIS yang hanya membolehkan indikasi WR dgn satuan meter pada jam yang didesain khusus sebagai dive watch.

Sepintas desain dialnya terlihat sangat rumit. Too many numbers & indexes. Wajarlah, karena memang designasi jam ini adalah sebagai alat bantu penerbang untuk melakukan kalkulasi cepat dengan bantuan rotasi bezel & fitur chronograph.
Tapi setelah sejenak membiasakan diri dengan 'kesibukan' dial-nya, akan terasa keindahan detil 3D layout & kedalaman dialnya.
Jam ini salah satu yg bisa bikin saya betah berlama2 memandang, karena sensasi kedalaman & ke-tiga-dimensi-an (I just made that word up) sungguh asyik.

Diawali dgn crystal-nya yg convex, cembung keluar. Layer pertama.
Lalu ada bezel, dengan indikator bantuan utk menghitung sisa fuel, ketinggian, jarak, etc. Layer kedua.
Masuk ke dalam, ada indikator kalkulasi kecepatan & flight time di inner bezel, Layer ketiga.
Next ada 3-hands, hour, minutes & chrono seconds register. Layer keempat.
Lalu ada hour marking yg menonjol, dengan lume yg lumayan terang. Layer kelima. 
Baru ketemu main dial, ada 3 sub register disana, seconds hands di sebelah kiri, chrono hour register di sebelah atas, dan alarm (bisa juga dijadiin time zone kedua) di sebelah bawah. Layer keenam.
Terakhir, ada window date di arah jam 3 yg menjorok ke dalam. Layer ketujuh.

Mungkin ngga ada orang yang akan sependapat dengan deskripsi layer ala saya, hehe, but I really find this watch has an interesting depth in the dials.

Keduanya available for sale.

Item #1 - SOLD! Alhamdulillah
SCJC019 kondisi NOS, fullset lengkap dengan box & papers.
Ditawarkan dengan harga 3.5jt

Item #2 - SOLD! Alhamdulillah
SNA411 kondisi second, baik. Ada small scratches dari penggunaan normal di case, lug & sedikit scratch (barely seen) di crystal. Extra link ada, no papers, box Seiko generic.
Ditawarkan dengan harga 1.8jt

Thanks


SCJC019 & SNA411

Komentar

Postingan Populer